google.com, pub-4059187585619593, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-4059187585619593, DIRECT, f08c47fec0942fa0 singkatan Dan istilah dalam adsense (BPK,RPM,RKT/CTRL,DLL) - KGDLL.com

singkatan Dan istilah dalam adsense (BPK,RPM,RKT/CTRL,DLL)

Arti Istilah Dalam Google Adsense


Klik (Cliks)

      Klik adalah jumlah klik iklan yang di klik oleh pengunjung blog.

BPK (CPC)
      CPC atau Cost Per Click, jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah Biaya Per Klik (BPK) merupakan besaran komisi yang diberikan oleh Google (dalam dolar atau rupiah) setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan kamu.
Besaran BPK iklan ditentukan oleh pengiklan dengan sistem lelang. Sebagian pengiklan bersedia membayar lebih per klik daripada pengiklan lainnya, tergantung pada apa yang diiklankan.
Ada banyak hal yang mempengaruhi besar kecilnya nilai CPC, mulai dari niche dari blog, sumber lalu lintas pengunjung, asal negara pengunjung, pemblokiran iklan yang ber-BPK rendah, smartpricing dan masih banyak faktor lainnya.
BPK biasanya lebih tinggi jika pengunjung blog kamu berasal dari pencarian organik (Google Search Engine), bukan dari media sosial. Pengalaman saya jika pengunjung blog banyak berasal dari Facebook, maka artikel bahkan blog tersebut bisa terkena smartpricing, nilai BPK-nya sangat rendah, yaitu $0.01 dan tak bisa naik selama beberapa hari. Ini cara Google melindungi pengiklan (advertiser) mereka. Karena alasan inilah akhirnya saya tidak mau lagi membagikan artikel ke Facebook. Hahaha…
Di Indonesia sendiri, rentangan komisi yang diberikan untuk setiap klik sangat rendah, rata-rata sekitar $0.01 – $0.05 per klik. 
Jika yang mengklik iklan berasal dari luar negeri, terutama negara-negara maju seperti Amerika Serikat (US), Singapore, Australia, dan lain sebagainya, biasanya CPC yang diberikan akan berlipat-lipat. Itulah mengapa banyak blogger Indonesia yang berusaha membuat blog berbahasa Inggris agar dapat klik dari luar negeri.

Tampilan Laman (Page Views)
   
     Tampilan Laman adalah jumlah banyaknya tampilan keseluruhan laman yang dilihat oleh pengunjung pada blog yang terpasang iklan Adsense .
Jumlah tampilan laman tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang terpasang pada halaman blog tersebut. Jadi jika iklan yang kamu pasang pada halaman yang ditampilkan berjumlah 3 unit iklan, kemudian halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka Tampilan Laman-nya tetap saja adalah 10.


RPM Laman (Page RPM)
RPM (Revenue Per Thousand Impression) adalah penghasilan tertaksir rata-rata yang akan kamu dapatkan dari setiap 1000 kali tayang halaman blog.
Jadi RPM Laman hanya penghasilan tertaksir perseribu kali tayang, bukan menunjukkan berapa penghasilan yang akan kamu dapatkan sebenarnya.
RPM merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, RPM ini berguna untuk membandingkan penghasilan kamu jika menggunakan beberapa channel yang berbeda.
Nilai tersebut didapat dari hasil pembagian Penghasilan Tertaksir dengan jumlah Tampilan Laman, dikali 1000.
RPM = (Penghasilan Tertaksir/jumlah Tampilan Laman) x 1.000

Contoh :
Pada gambar di atas penghasilan tertaksir saya sebesar $3.52 dari 4.6 rb tampilan laman,
..maka RPM laman saya adalah :
RPM = (4.600 x $3.52) / 1.000
= $0.76


Tayangan (Impression)
       Istilah Impressions atau Tayangan ini memang sedikit membingungkan. Impression didefinisikan sebagai pandangan atau kesan pengunjung pada item tertentu pada blog kamu. Bisa merujuk pada pengguna yang melihat halaman tertentu, unit iklan tertentu, atau berbagai iklan tertentu.
Oleh karena itu, sebuah ‘Impression’ dapat dikategorikan ke dalam tampilan halaman atau tayangan iklan.
Tayangan dihitung untuk setiap permintaan iklan yang menghasilkan setidaknya satu iklan pada blog. Bisa berupa jumlah unit iklan (untuk iklan konten) atau kueri penelusuran (untuk iklan penelusuran) yang menampilkan iklan.
Bisa dibayangkan kira-kira seperti ini, jika dalam 1 laman terdapat 4 iklan yang tampil, maka jika laman tersebut dilihat 1000 kali, maka Tayangan diperkirakan = 4000.

RKT (Rasio Klik Tayang) Laman atau Page CTR (Click Through Ratio)

      RKT Laman adalah persentase dari berapa banyak jumlah klik yang kamu dapatnya jika dibandingkan dengan jumlah Tampilan Laman.
RKT (Rasio Klik Tayang) = Klik / Tayang Laman x 100%

Contoh :
Pada gambar di atas, saya memperoleh klik sebanyak 55 klik untuk 4.68 rb tampilan laman, maka RKT saya adalah..
RKT = 21/1.600 x 100%
= 1,17 %
Dengan RKT, kamu bisa mengetahui seoptimal apa penempatan iklan yang kamu lakukan pada blog saat ini. Jika RKT sangat rendah, kamu perlu memikirkan penempatan ulang iklan agar kemungkinan “dipukul” oleh pengunjung lebih banyak.
Namun memang, untuk blog berbahasa Indonesia, RKT bisa sangat rendah tak lebih dari 3%. Ini mungkin terjadi karena prilaku pengunjung yang malas atau menghindari iklan karena banyak blogger matre yang memasang iklan pop-up atau iklan yang menutupi konten sehingga sangat mengganggu pengunjung blog.

Penghasilan Tertaksir (Estimated Earnings)
      Penghasilan tertaksir adalah perkiraan atau estimasi dari penghasilan yang akan kamu peroleh dari Adsense baik untuk Hari Ini, Kemarin, Selama 7 Hari Yang Lalu hingga Bulan Ini.
Penghasilan tertaksir dihitung dari jumlah Klik (Clicks) dikali dengan BPK (CPC). Semakin besar nilai BPK dan semakin banyak jumlah Klik, maka semakin besar pula penghasilan tertaksir yang akan kamu peroleh.
Jumlah Penghasilan Tertaksir bukan merupakan pendapatan final (akhir). Pada akhir hari, Google secara otomatis akan menganalisa mana klik yang valid dan mana yang tidak valid.
Jika terdapat klik yang tidak valid, maka jumlah penghasilan yang kamu peroleh pada hari itu akan kurang dari Penghasilan Tertaksir.
Jadi yang dihitung oleh Google hanya klik yang valid saja.

Saldo
       Saldo adalah jumlah penghasilan akhir yang telah kamu peroleh dalam jangka waktu satu bulan mulai dari terakhir kali kamu melakukan pencairan Google Adsense. Saldo akan diakumulasi tiap awal bulan, sehingga saldo yang tampil saat ini belum termasuk dengan penghasilan yang kamu peroleh bulan ini.
Nah sekarang sudah paham kan ya..
Sebenarnya masih banyak lagi daftar istilah pada Google Adsense, tapi yang paling penting kamu ketahui saya kira cukup yang di atas tadi saja.

0 Response to "singkatan Dan istilah dalam adsense (BPK,RPM,RKT/CTRL,DLL)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel